[SOLVED] EPSON L210 It is time to reset the ink levels (Refill Ink Tank)

Mengatasi error printer Epson It is time to reset the ink levels (Refill Ink Tank: EPSON L210) dengan cara reset Manual menekan tombol pada printer.

Hari ini saya dihadapkan kembali dengan printer yang tidak bisa mencetak dengan status printer masih printing tapi tidak mau keluar hasil print. Awalnya muncul error Service required, a printer's ink pad is at the end of its service life, lalu saya coba reset ink pad yang penuh tersebut menggunakan software EPSON Adjusment Program, yang bisa kalian Download EPSON L210 Adjustment Program Resetter.

Setelah berhasil mereset ink pad, lalu muncul kembali error baru yaitu EPSON It is time to reset the ink levels. Jika lihat dari status monitornya sih disuruh isi tintanya, walaupun tintanya sudah diisi tapi tetap saja muncul error lagi. Setelah saya googling, ternyata printer Epson itu tidak mendeteksi quantity tinta berdasarkan isinya yang berada di dalam tabung, melainkan berdasarkan perhitungan terhadap pemakaian, sehingga walaupun isi tabung tintanya penuh, kalian akan tetap menemukan error tersebut.

Refill Ink Tank: EPSON L210 - ITSTAFF.web.id
Refill Ink Tank: EPSON L210 - ITSTAFF.web.id
Status Refill Ink Tank : EPSON L210

Agar error tersebut hilang, hanya perlu mereset Manual pada tombol printer dan ikuti langkah di bawah ini. Okelah kalau begitu, tanpa basa-basi lagi, langsung saja mari kita mulai...

Solusinya adalah

1. Cara Reset Manual Printer Epson

  • Matikan printer kalian, dengan pencet tombol Power 1x, tunggu sampai printer mati.
  • Selanjutnya adalah tekan dan tahan tombol Copy/Start warna Hijau, lalu tekan dan tahan tombol Power secara berbarengan, tahan dan tunggu selama 10-15 detik sampai printer menyala.
  • Setelah itu, tekan tombol Stop/Cancel/Reset warna Merah 1x.
  • Selesai, printer siap digunakan.
Jika pesan error masih muncul, matikan printer kalian dan nyalakan kembali. Taraaaa, error tersebut akan hilang, cobalah untuk melakukan Print Test Page. Namun jika cara di atas tidak berhasil, ikutilah cara alternative dibawah ini.

2. Cara Reset Manual Printer Epson (Alternative)

Apabila cara pertama tidak berhasil untuk kalian, maka gunakanlah cara yang kedua ini.
  • Matikan printer kalian, dengan pencet tombol Power 1x, tunggu sampai printer mati.
  • Selanjutnya adalah nyalakan printer, tunggu sampai printer aktifitas booting nya selesai dan tidak ada pergerakan lagi.
  • Setelah itu, tekan dan tahan tombol Stop/Cancel/Reset warna Merah selama 5-10 detik.
  • Tunggu sampai selesai, printer akan melakukan proses Head Cleaning secara otomatis.
  • Selesai, printer siap digunakan dan coba lakukan Print Test Page.

Itu saja untuk mengatasi error printer Epson L210 It is time to reset the ink levels (Refill Ink Tank: EPSON 210) dengan cara reset manual menekan tombol pada printer yang saya lakukan. Cara ini bisa juga kalian terapkan untuk printer EPSON model L110, L210, L300, L350 dan L355. Jika cara di atas tidak berhasil untuk kalian, saya sarankan bawa ke EPSON Service Support atau ke tempat service printer terdekat. Oya error ini akan berulang apabila printer sering digunakan (perhitungan pemakaian) dan ink pad counter penuh.