[ADS] Top Ads

[SOLVED] Warning: Mohon gunakan Acrobat Reader untuk membuka form ini pada eForm SPT Tahunan

Awal tahun, khususnya di bulan Maret yaitu bulan dimana disibukkan untuk lapor SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dengan batas akhir lapor di tanggal 31 Maret. Wajib Pajak (WP) yang dibuktikan dengan kepemilikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang berkewajiban untuk melakukan lapor SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) dengan melaporkan perhitungan dan pembayaran pajak, objek pajak atau bukan objek pajak atas penghasilan yang di terima selama satu tahun.

Dimana setelah mendapatkan bukti potong pajak oleh bagian Finance & Accounting, maka saatnya lah lapor pajak, namun ketika membuka eform pdf, ternyata muncul error dibawah ini.

Mohon Menggunakan Acrobat Reader untuk membuka form ini - ITSTAFF.web.id
Dengan menggunakan fitur Electronic Form Submission, dimana pengguna bisa melakukan pengisian langsung dengan tampilan yang lebih interaktif lanyaknya sebuah formulir cetak biasa. Pengguna bisa langsung mengisi, menyimpan, menandai dan menyerahkan dokumen secara electronic berdasarkan formula yang telah diaktifkan reader dengan Adobe LiveCycle® ES2 atau Adobe Acrobat® software. Okelah kalau begitu, tanpa basa-basi lagi, langsung saja mari kita mulai...

Solusinya adalah

Untuk membuka dan mengisi eform SPT Tahunan PPh Orang Pribadi atau Badan, anda harus menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Reader 20 atau yang paling terbaru dengan versi 32bit. Walaupun komputer desktop atau laptop kalian 64bit, kalian harus menggunakan versi 32bit yang bisa kalian Download Adobe Acrobat Reader DC Offline Installer.

Jika kalian sudah menginstall Adobe Acrobat Reader 64bit, kalian harus uninstall dulu. Setelah itu, baru kalian install kembali Adobe Acrobat Reader 32bit. Lalu muncul lah permasalahannya, yaitu otomatis update pada aplikasi Adobe Acrobat Reader ketika komputer desktop atau laptop terhubung ke internet dan kalian harus menonaktifkan update tersebut, berikut langkahnya;

1. Services

Buka aplikasi Services atau service.mcs ⇒ klik kanan Run as administrator ⇒ cari 'Adobe Acrobat Reader Update Service' ⇒ lalu double click atau klik kanan PropertiesStop di Service status: dan pilih Disabled di Startup type: ⇒ OK

2. Task Schedule

Buka aplikasi Task Schedule ⇒ klik kanan Run as administrator ⇒ cari 'Task Schedule Library' posisi kiri atas dibawah Task Scheduler (Local) ⇒ lalu cari 'Adobe Acrobat Update Task' ⇒ klik kanan pilih Disable.

3. Regedit

Buka aplikasi Regedit ⇒ kemudian cari HKLM\SOFTWARE\Wow6432Node\Adobe\Adobe ARM\Legacy\(product name)\(product code) contoh seperti ini HKLM\SOFTWARE\Wow6432Node\Adobe\Adobe ARM\Legacy\Acrobat\{AC76BA86-1033-FFFF-7760-080F0F000400} ⇒ klik kanan pada Mode pilih Modify.. ⇒ ganti angka pada Value data: 3 menjadi 0OK

NOTES
0: Do not download or install updates automatically
1: Same as 0
2: Automatically download updates but let the user choose when to install them
3: Automatically download and install updates
4: Notify the user downloads are available but do not download them

Masih di Regedit ⇒ cari
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Adobe\Acrobat Reader\DC\FeatureLockDown
⇒ klik kanan pilih NewDWORD 32-bit, beri nama bUpdater dan isikan Value data: 0OK

4. Restart

Terakhir restart komputer desktop atau laptop kalian.

Fitur otomatis update pada Adobe Acrobat Reader ini lebih ke compatible atau fungsional ke versi terbaru. Sayangnya eform SPT Tahunan PPh Orang Pribadi atau Badan tidak bisa berjalan ketika aplikasi Adobe Acrobat Reader mengalami update. Misal laptop saya dengan sistem operasi Windows 10 64bit dan terhubung ke internet, lalu saya menginstall aplikasi Adobe Acrobat Reader 32bit dan saya tidak mematikan otomatis update tersebut, maka Adobe Acrobat Reader akan berubah ke versi 64bit mengikuti sistem operasi Windows yang 64bit karena otomatis update tidak dimatikan.

Itu saja cara disable automatic update Adobe Acrobat Reader DC yang saya lakukan. Mohon perhatikan jika kalian mau lapor SPT Tahunan PPh Orang Pribadi atau Badan. Masih kesulitan atau bingung dengan cara diatas, bisa contact saya IT Freelance Jakarta, secepatnya saya balas.


[ADS] Bottom Ads

© 2020 - . All Rights Reserved.