[ADS] Top Ads

[SOLVED] Unboxing EPSON L1300 Initial ink charging is not complete

Kantor saya sedang mencari printer warna yang bisa mencetak dokumen, gambar/layout dengan ukuran sampai A3+ dan terpilihlah printer EPSON L1300.

Kenapa EPSON L1300?

  1. Kami hanya mencari printer yang bisa mencetak, kebanyakan printer warna dengan brand/merk lain, yang bisa mencetak hingga ukuran A3+ sudah termasuk copy dan scan.
  2. Tangki tinta yang dirancang untuk pengoperasian yang halus dan tidak berantakan saat di isi ulang, mempunyai 2 tangki tinta Black (Bk T644), Yellow (Y T644), Magenta (M T644) dan Cyan (C T644).
  3. Kekurangan printer ini disisi koneksi, hanya menggunakan USB 2.0 tapi bisa kami akali menggunakan print server atau printer sharing dari komputer desktop.

Dan hari ini pun printer baru EPSON L1300 sampai dikantor, saya lakukan unboxing printer dan isikan tintanya ke masing-masing tangki tabung sesuai dengan kode warnanya. Setelah itu, saya nyalakan printer, disini langsung muncul error dengan kedua lampu indikator (power & ink) printer menyala warna merah atau orange secara bersamaan, lalu saya colokan USB printer ke komputer desktop untuk melihat kode error-nya dan menginstall driver-nya. Setelah itu, barulah keliatan error-nya adalah Initial ink charging is not complete printer Epson L1300.

Saya cari dan baca buku manualnya, ternyata penyebab dari error tersebut adalah printer belum siap digunakan dan harus menunggu proses pengisian tinta terlebih dahulu selama ± 20 menit. Namun selama proses pengisian tinta ini, harus ada yang dilakukan, jika tidak maka selamanya printer tidak bisa digunakan. 😵

Solusi yang harus dilakukan adalah

  1. Unboxing Printer EPSON L1300
  2. Isikan tinta ke masing-masing tabung sesuai dengan kode warnanya
  3. Nyalakan printer dan sambungkan kabel USB printer ke komputer desktop atau laptop, lalu instalkan driver-nya.
  4. Setelah itu, tekan tombol ink atau resume selama 3 detik dan lepaskan.
  5. Tunggu sampai indikator power printer berkedip dan pengisian tinta dimulai. Pada tahap ini, printer akan melakukan cleaning.
    ESPON Charging the ink system - ITSTAFF.web.id
  6. Selama proses cleaning tersebut, printer akan bunyi berisik, biarkan dan tunggu saja selama ± 20 menit sampai lampu indikator power dan ink pada printer berhenti berkedip.
  7. Jika terdapat error Communication error di layar komputer desktop atau laptop kalian, abaikan saja dan tunggu sampai selesai dan muncul seperti dibawah ini.
    EPSON It is ready to print - ITSTAFF.web.id
  8. Selesai, sekarang coba lakukan Print Test Page.

Itu saja yang perlu diperhatikan dan dilakukan, jika kalian baru membeli printer EPSON L1300 dan menghadapi Error initial ink charging is not complete printer Epson L1300. Jika cara diatas tidak berhasil untuk kalian, saya sarankan untuk minta bantuan ke toko tersebut, saat membeli printer baru atau ke EPSON Service Support atau bawa ke tempat service printer terdekat.


[ADS] Bottom Ads

© 2020 - . All Rights Reserved.