Strategi Digital Marketing di Masa Pandemi

IT Staff Tutorial & Tips - Ketika dihadapkan dengan pilihan pemasaran produk atau jasa, saya mungkin anda akan mencari yang terbaik agar teknik yang dilakukan dapat mengenai sasaran dengan tepat. Apalagi dimasa pandemi dan kondisi saat ini, kita harus selalu berusaha dan berupaya menjadikan ini sebagai tantangan tersendiri. Dimana, perlu melakukan perubahan strategi pemasaran yang biasanya dilakukan secara Pemasaran Konvensional, berubah menjadi Digital Marketing. Kenapa tidak menggunakan media Billboard, Koran, Radio dan TV? 


Digital Marketing adalah proses atau upaya memasarkan produk dan jasa dengan memanfaatkan media internet, bisa melalu website, sosial media, maupun platform lainnya seperti e-commerce. Dengan memanfaatkan internet sebagai medianya ini bisa memiliki jangkauan yang lebih luas untuk mendapatkan lebih banyak konsumen.

Beberapa jenis Digital Marketing:

  • Website/blog dengan memanfaatkan SEO (Search Engine Optimazation), SEM (Search Engine Marketing) atau SMM (Search Media Marketing).
  • Email Marketing
  • Referral Marketing
  • Photo/Video Marketing

Kenapa harus berubah?
  • Tidak perlu cara lebih "manis" dalam memasarkan produk atau jasa secara person to person (door to door), tidak frontal dan memaksa, yang akhirnya menimbulkan ketidaknyamanan. Gaya hidup dan kebiasaan konsumen yang berubah, cukup dengan memanfaatkan PC Desktop/Notebook/Handphone yang terhubung ke Internet, maka semua kebutuhan yang dicari bisa cepat terpenuhi, kapanpun dan dimanapun.
  • Tidak hanya menjangkau area terbatas atau hanya pada area tertentu dimana tenaga Sales/Marketing berada. Promosi dan pemasaran bisa disesuiakan dengan target pasar serta jangkuan pasar lebih luas, tak terbatas oleh satu area saja.
  • Budget yang disesuaikan dan menentukan media mana yang paling efektif dalam melakukan pemasaran.
  • Lifetime dan bisa jangka panjang, hanya dalam satu kali postingan, baik itu Tulisan, Photo atau Video. Selama postingan itu diangkat dimedia sosial atau platfrom lainnya dan tidak dihapus.
  • Bisa meningkatkan awareness suatu perusahaan atau brand dengan cara lebih menarik dan konsisten.

Digital Marketing juga membuka komunikasi 3 arah, antara pelanggan dan brand, juga pelanggan dengan pelanggan. Hal-hal posistif terkait produk atau jasa bisa cepat menyebar dan menjangkau pasar yang lebih luas. Walaupun hal sebaliknya bisa terjadi 😆 tapi jangan khawatir, selama masih punya pelanggan militan yang sudah merasakan sendiri manfaat dari produk atau jasa yang kita pasarkan, para pelanggan ini biasanya akan sukarela mengkomunikasikan kelebihan dari produk atau jasa tersebut kepada banyak orang.



whydnet-aboutITSTAFF.web.id
learning by doing!

[ADS] Bottom Ads

© 2020 - . All Rights Reserved.